BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wako Mahyeldi Sambut Konsultasi Publik Renstra Kemenko Kemaritiman di Padang


Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah menyambut digelarnya kegiatan Konsultasi Publik Rencana Strategis (renstra) Bidang Kemaritiman di Kota Padang. Hal itu mengingat, Ibukota Provinsi Sumatera Barat ini merupakan pintu gerbang Indonesia di pantai barat Sumatera. Itu pun didukung dengan tergabungnya Padang bersama 71 kabupaten/kota di Indonesia dalam Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF) selaku mempunyai potensi luar biasa di bidang kemaritiman.

Hal ini disampaikannya di dalam kegiatan Konsultasi Publik Rencana Strategis (Renstra) Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Tahun 2015-2019 dan Sosialisasi Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) yang dilangsungkan oleh Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, di Kampus I Perguruan Tinggi setempat, Jalan Ulak Karang, Selasa (5/9).

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kita sangat berterima kasih sekali terutama pihak Universitas Bung Hatta, selaku Perguruan Tinggi yang juga konsen memberikan dukungan terkait potensi kelautan dan kemaritiman di Padang sejauh ini,” ungkapnya.

Di sisi lain Mahyeldi juga menyebut, Pemerintah Kota Padang pun tengah konsen bekerjasama dengan beberapa negara sahabat. Hal itu ditujukan demi mewujudkan Padang sebagai “Sister City” yang akan memperkuat Padang mewakili Indonesia di mata negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Assosiation (IORA).

“Insyaallah dalam waktu dekat kita akan koordinasi dengan Duta besar India, karna akan memperkuat hubungan dengan Negara India dan juga dengan beberapa negara-negara tetangga lainnya terkait kemaritiman. Jadi, kegiatan Konsultasi Publik Renstra dan Sosialisasi Kebijakan Kelautan Indonesia ini sangat tepat dilakukan di Padang sebagai langkah penguatan untuk upaya itu semua,” ulas Wako.

Seperti diketahui, kegiatan Konsultasi Publik Rencana Strategis Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Tahun 2015-2019 dan Sosialisasi Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI) tersebut menghadirkan Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa melalui Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono.

Agung Kuswandono mengatakan, Koordinator Kementrian Bidang Kemaritiman merupakan Kementrian yang baru berdiri lebih kurang 2 tahun.

“Jadi karena Kementrian ini baru makanya Renstra ini perlu kita diskusikan supaya renstra ini menjadi renstra yang baik dan lebih efisien,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kemenko Kemaritiman sendiri tidak saja membahas masalah laut Indonesia namun juga mengembangkan berbagai permasalahan yang ada.

Sebagaimana tujuannnya adalah untuk membangun negeri ini kembali menjadi negeri maritim atau negeri bahari.

“Sekarang sudah saatnya kita kembali menjadi bangsa bahari dan menjadi bangsa maritim. Karena memang, pada dasarnya indonesia adalah negara maritim dengan 2/3 teritorial lautan dengan tersebar pulau-pulau sebanyak 17 ribu plus berbagai potensi yang dimiliki,” tandasnya.

Di akhir kegiatan sebagai apresiasi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menyerahkan cenderamata kepada Walikota Padang. Kegiatan ini diikti Rektor UBH Prof. Dr. Azwar Ananda, MA serta pihak terkait lainnya. (Nanda/Fsl/Vid)

Berita: Humas Padang
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID