BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Mural, Sudut Cantik di Pasar Raya Padang

Seorang ibu melewati mural di Simpang Kandang setelah pulang berbelanja di Pasar Raya.
PASAR RAYA Padang tidak saja menjadi pusat perdagangan. Pasar terbesar di Kota Padang itu kini berubah menjadi kawasan perdagangan dan wisata.

Hal ini terlihat saat akan memasuki kawasan Pasar Raya Padang. Persis di Simpang Kandang, samping bekas SMAN 1 Padang, terdapat lukisan dinding (mural). Dinding yang cukup luas telah disulap menjadi kanvas. Berbagai lukisan seperti Kantor Balaikota, Pantai Padang, tedapat di dinding tersebut.

Lukisan tersebut membuat kawasan ini nampak berbeda. Sudut Pasar Raya ini terlihat cantik dan menarik. Tak jarang yang menjadikan sudut ini sebagai tempat untuk berfoto, maupun selfie dengan kamera di telepon genggam.

“Ada mural di sini, menarik sekali,” ungkap Ridho saat turun dari angkutan kota menuju Pasar Raya, kemarin.

Ridho kemudian mengeluarkan telepon genggamnya. Dua temannya pun bergegas mengambil posisi di depan mural tersebut. Mereka pun berfoto bersama.

Kedua teman Ridho tadi nampak senang. Sesekali mereka menggunakan kamera depan di ponselnya untuk selfie.

“Teman saya itu baru datang dari Jakarta,” ujar Ridho.

Ridho mengajak Hendrik dan Lila ke Pasar Raya untuk berbelanja. Sebab, Ridho melihat Pasar Raya kini lebih nyaman sebagai tempat berbelanja.

“Kalau dulu, kita saja malas untuk masuk pasar. Tapi sekarang tidak lagi. Kita sudah berani untuk membawa keluarga dan teman masuk pasar,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Padang Fatriarman Noer menyebut, pengerjaan lukisan dinding karena tidak terawat dan terpediarkannya dinding di Simpang Kandang. Media dinding itu dijadikan tempat berkarya sekaligus memperlihatkan wujud indahnya Kota Padang sejak beberapa waktu belakangan ini.

“Dengan adanya mural itu masyarakat menjadi tahu apa saja pembangunan yang dilakukan di Padang,” ucapnya.

Untuk membuat mural itu, pelukis asal Taman Budaya diterjunkan. Pelukis lokal diberdayakan. Fatriarman berharap, karya tersebut dapat terus abadi di sana dan tidak tersentuh tangan-tangan jahil.
“Mari kita sama-sama menjaganya,” imbau Fatriarman.

Saat ini Pasar Raya Padang memang telah jauh berubah. Tidak ada lagi pedagang yang menutupi jalan. Semuanya sudah tertata. Apalagi, gedung di Pasar Raya sudah seperti mall. Berkelir warna-warni. Tak lama lagi, di Pasar Raya juga akan ada hotel, sebagai penunjang Pasar Raya tempat berbelanja sekaligus berwisata.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyebut, Pasar Raya Padang akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun ini. Berbagai fasilitas terus dibangun agar masyarakat merasa nyaman saat berbelanja.

“Tidak Pasar Raya Padang saja yang kita benahi dan tata, pasar satelit pun sudah kita benahi,” beber Walikota.(Charlie Ch. Legi)

Sumber : HUMAS KOTA PADANG
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID