BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Ini Dia Senyawa dalam Bawang Putih yang Disebut Bisa Cegah Kanker


Tak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu, bawang putih juga punya manfaat kesehatan. Studi menyebutkan bahwa bawang putih dapat menekan pertumbuhan kanker.

Bawang putih memang telah lama dianggap sebagai bumbu yang menyehatkan dan dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit selama ribuan tahun lalu.

Dalam penelitian terbaru yang diterbitkan oleh para ilmuwan dari University of Nottingham, para peneliti menyimpulkan bahwa bawang putih sebenarnya dapat mengurangi risiko pengembangan jenis kanker tertentu, penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.
Dikutip dalam Independent (27/04), bawang putih dapat menghasilkan berbagai senyawa sulfur ketika diproses. Apakah itu dicincang, difermentasi ataupun ditekan untuk mengeluarkan minyak. Semuanya memiliki efek positif bagi tubuh.

Menurut para peneliti, senyawa sulfur ini dapat mempengaruhi "molekul pemberi sinyal gas" seperti oksida nitrat dan hidrogen sulfida yang secara alami diproduksi dalam tubuh manusia.

Perubahan tingkat molekul sinyal gas dapat dideteksi pada orang yang menderita banyak penyakit, karena mereka dapat memiliki dampak besar pada komunikasi sel dan menjaga keseimbangan dalam tubuh.

"Molekul-molekul ini memberi keuntungan ekologis bagi tanaman saat mereka tumbuh di alam liar," kata Dr. Peter Rose, ahli biokimia di University of Nottingham sekaligus penulis senior studi tersebut.
Ia juga menambahkan,"Seperti yang terjadi, mereka juga aktif secara biologis dalam sel dan jaringan mamalia, tetapi kita tidak tahu bagaimana mereka dimetabolisme pada manusia."

Meskipun teknik apa yang optimal dalam meracik bawang putih masih diperdebatkan, para peneliti setuju bahwa bawang putih adalah salah satu dari beberapa spesies tanaman yang memiliki kemampuan restorasi yang kuat.

Meskipun begitu, Rose mengatakan mereka masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menemukan teknik penyajian yang efektif agar senyawa belerang dalam bawang putih bisa dieksplorasi untuk menyembuhkan kanker hingga penyakit kardiovaskular.
Sumber: Detik News
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID