BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Sumbar Miliki Potensi Energi Terbarukan yang Sangat Besar

Sumatera Barat memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar, jika energi terbarukan dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan angka komposisi bauran energinya sebesar 40%, maka target ke depannya, Sumbar akan dijadikan grand area.

“Untuk Sumbar sendiri memang pihak PLN mengembangkan secara masif pembangkit listrik berbasis energi terbarukan. Saat ini beberapa proyek sedang dikembangkan, tahun ini PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan pembangunan pembangkit listrik berbahan biomassa bambu,” ungkap General Manager PLN Wilayah Sumbar Susiana Mutia, Selasa (24/4).

Ia berharap, ke depannya energi terbarukan ini tidak hanya untuk pasokan listrik tetapi juga ada partisipasi masyarakat seperti biomassa di Kepulauan Mentawai. Ke depan dapat menjadi pemasok untuk energi pembangkit itu.

Bahkan Mentawai akan menjadi prioritas 2019 mendatang, agar dapat teraliri listrik lebih banyak. Karena masih ada masyarakat di sana belum bisa terlistriki sama sekali. Ini tentu butuh sinergi semua pihak agar dapat jalan bersama.
“Kami memasang target rasio elektrifikasi di Kepulauan Mentawai mencapai 60 persen pada 2018. Rasio elektrifikasi menggambarkan jumlah penduduk yang memiliki akses terhadap listrik. Sementara, rasio elektrifikasi Sumbar saat ini mencapai angka 92 persen. Memang Mentawai belum bisa sampai 90 persen hingga 100 persen. Salah satu pengganjalnya adalah infrastruktur menuju kesana belum memadai sehingga kami kesulitan membawa material,” jelasnya.
Susiana mengatakan, dari informasi yang diperolehnya akan ada percepatan pembangunan jalur trans-Mentawai yang menghubungkan satu kecamatan dengan kecamatan lainnya di Mentawai. Akses antar kecamatan di Mentawai masih didominasi oleh transportasi sungai, dan masih ada beberapa daerah yang tidak memiliki dermaga.

Begitu juga dengan infarstruktur darat, masih banyak yang belum dilapisi aspal atau semen. Maka dengan adanya jalan trans-Mentawai tersebut akan memudahkan listrik masuk hingga ke pelosok Mentawai.

Sumber: Hariansinggalang


« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID