BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

TERBARU! Jenis-Jenis Ujian SBMPTN 2018

Tak lolos, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), maka para siswa masih bisa masuk PTN yang diminati. Mereka bisa masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Dari laman sbmptn.ac.id, para siswa sudah bisa mengakses dan mendaftar jalur SBMPTN. Tak hanya syarat pendaftaran dan prosedur pendaftaran saja, lengkap pula jenis-jenis ujian yang nantinya diikuti oleh pendaftar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com dari laman sbmptn.ac.id, Rabu (18/4/2018), ada dua jenis ujian bagi para peserta SBMPTN. Keduanya adalah Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian keterampilan.

Untuk materi ujian tulis terdiri atas Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA yaitu Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.

Kedua, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Lalu ketiga, Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sementara, untuk Ujian Keterampilan (UK) hanya diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan.

UK bersifat wajib diikuti oleh peserta di PTN Pilihan dan tidak diperkenankan mengikuti UK di PTN yang bukan menjadi PTN tujuan. Peserta juga harus mengikuti jenis UK sesuai dengan ketentuan prodi pilihannya.

« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID