BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Indikator Politik: Anies Dianggap Paling Pas Dampingi Prabowo


Anies Baswedan dinilai paling cocok mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019. Gubernur DKI Jakarta itu dianggap paling pas sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo berdasarkan hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia.

Survei dilakukan di 2 provinsi yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk Jawa Barat, survei dilakukan pada 5-13 Maret 2018, sedangkan untuk Jawa Tengah dilakukan pada 12-21 Maret 2018. Dua provinsi itu dipilih karena dianggap memiliki jumlah pemilih terbanyak dibandingkan provinsi lain.

Survei dilakukan kepada 800 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +/- 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Kenapa Jawa Barat dan Jawa Tengah, ini karena dua provinsi ini merupakan wilayah dengan jumlah pemilih paling besar," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya, di Kantor Indikator Politik Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2018).
Simulasi dilakukan dengan tren semi terbuka dengan pertanyaan 'Siapa yang pantas menjadi wakil presiden Prabowo bila ia kembali maju sebagai capres?'. Simulasi tersebut dilakukan dengan 16 nama.

Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih, yakni yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Indikator Politik Indonesia melakukan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara lewat tatap muka. Survei dilakukan sebelum Prabowo dideklarasikan sebagai capres.

Hasilnya?

"Anies paling tinggi. Di Jawa Barat, menurut cawapres yang dianggap pas mendampingi Pak Prabowo itu Pak Anies. Mas AHY dia tertinggi buat cawapres Pak Jokowi, di Jawa Barat kedua, secara statistik nggak jauh beda sama Anies," kata Burhanuddin.

Sumber: Detik News
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID