BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Terkait PTN di Mentawai, Provinsi Sumbar Beri Dukungan


Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mendukung pembangunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di daerah 3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) untuk membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna mempercepat pembangunan.

"Adanya PTN di daerah 3 T akan memudahkan generasi muda mendapatkan pendidikan. Setelah tamat, mereka langsung bisa mengabdi di daerahnya," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Ia mengatakan itu terkait upaya mendirikan Politeknik Maritim Samudra Indonesia (Polimasindo) di Mentawai.

Menurutnya selain sebagai daerah 3 T, Mentawai juga masih berada dalam status daerah tertinggal yang membutuhkan perhatian dari semua pihak agar bisa dimentaskan.

Dengan mendorong peningkatan sumber daya manusia secara signifikan, upaya mengeluarkan Mentawai dari status tertinggal itu akan lebih mudah.

Apalagi saat ini daerah yang memiliki spot surfing yang mempesona itu juga mendapatkan perhatian besar dari pemerintah pusat dalam hal pembangunan infrastruktur.

Sementara itu tim pelaksana persiapan pendirian Polimasindo, Prof. Dr Pudji Muljono, M.Si mengatakan saat ini peluang mendirikan perguruan tinggi yang masih terbuka adalah politeknik dengan menyesuaikan program studi berdasarkan kebutuhan dan potensi daerah.

Upaya mendirikan PTN di Mentawai telah dimulai sejak 2017 dengan studi kelayakan dan evaluasi pengelolaan akademi komunitas dan potensi daerah.

Tahun ini dilanjutkan dengan persiapan lahan dan yayasan yang akan mengelola PTN tersebut nantinya. Diharapkan tahun depan bisa diupload ke Kemenristekdikti dan 2020 sudah bisa menerima mahasiswa.

Program studi yang dipersiapkan diantaranya Usaha Perjalanan Wisata, Teknologi Rekayasa Kelautan, Teknologi HAsil Pertanian, Agribisnis Pangan, Bioteknologi Perikanan, Ekowisata Laut dan Manajemen Perhotelan.

"Kita berharap pembangunan PTN di Mentawai ini bisa mendapat dukungan dari semua pihak agar bisa terlaksana sesuai jadwal," kata dia. (*/killua)

sumber : antarsumbar
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID