BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Ini Penjelasan BMKG Soal Tiga Gempa yang Mengguncang Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai diguncang tiga gempa Tektonik yang berkekuatan 5 Skala Richter. Gempa diketahui terjadi mulai pukul 6 pagi tadi.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gempa pertama terjadi pada pukul 06:08 WIB dengan kekuatan 5,9 SR. Titik gempa itu berada di 105 kilometer arah Barat Daya Kepualauan Mentawai, dan memiliki kedalaman 41 kilometer.

Gempa kedua atau gempa susulan terjadi pada pukul 06:46 WIB. Kekuatan gempa susulan ini lebih rendah ketimbang gempa yang pertama, yakni 5,5 SR.

Hanya saja titik gempa kedua ini cukup dangkal yakni di kedalaman 10 kilometer dan terletak di 102 kilometer arah Barat Daya Mentawai.

Baca Juga: Pagi Ini, Mentawai Diguncang Tiga Kali Gempa Bumi

Selang 3 jam kemudian atau tepatnya pukul 09:07 WIB, Mentawai kembali diguncang gempa. Gempa susulan ketiga ini sedikit lebih besar dari gempa kedua yakni dengan kekuatan 5,6 SR.

Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, ketiga gempa itu merupakan gempa tektonik akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust.

Ia menjelaskan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

Menurut hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault).

"Sehingga menurut hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat saat dihubungi.

(KlikPositif)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID