BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Meriahkan Lebaran, Warga Muaro Paneh Gelar Lomba Unik

Masyarakat Jorong Balai Pinang, Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukik Sundi Kabupaten Solok punya cara unik tersendiri untuk mengisi semarak libur lebaran 1439 Hijriah, Minggu (17/6).

Menghibur masyarakat dan perantau yang pulang kampung, Pemuda setempat menggelar lomba panjat pinang miring di tengah sungai Batang Lembang. Kemiringannya lebih kurang 45°.

Lomba unik khas 17 Agustus-an ini menarik perhatian masyarakat di kawasan sekitar. Bahkan juga ada masyarakat daerah lain yang sengaja datang hanya untuk menyaksikan lomba yang digelar sekali setahun tersebut.

Ratusan masyarakat memadati lokasi jembatan besi. Seolah seluruh kegiatan teralihkan oleh hiburan tersebut. Orang tua, muda-mudi hingga anak-anak juga tak ketinggalan ingin menyaksikan langsung perhelatan panjat pinang yang tak lazim itu.

Batang pinang sengaja dipasang miring di tengah sungai. Seperti biasa, tetap dilumuri dengan gemuk supaya licin. Terbilang tak mudah untuk mencapai puncak yang sudah dipasangi berbagai hadiah menarik seperti celana, tas, jam dinding dan banyak lainnya

Tak jarang, para peserta yang berasal dari berbagai jorong di Nagari Muaro Paneh tercebur ke dalam sungai yang sebelumnya sudah dibersihkan. Kondisi itu mengundang sorak tawa masyarakat yang hadir.

Panitia kegiatan tersebut, Jumedi mengaku kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin di Jorong Balai Pinang. Untuk kegiatan perdana sudah dilaksanakan pada tahun lalu.

"Kita mencoba menghadirkan hiburan menarik dan berbeda bagi masyarakat Muara Panas dan daerah lain," sebut Medi

(klik poitif)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID