BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tradisi Pulang Basamo di Sumbar, Diperkirakan Penggunaan BBM Naik Hingga 35 Persen Saat Lebaran


PADANG – PT Pertamina memperkirakan akan terjadi lonjakan penggunaan bahan bakar minyak jenis gasoline (premium, pertalite dan pertamax) 20 hingga 35 persen pada masa libur lebaran. Sedangkan penggunaan gasoil, yaitu solar series diperkirakan menurun sebesar 10 persen.

“Peningkatan paling signifikan terjadi di Sumbar sekitar 35 persen, karena adanya tradisi Pulang Basamo. Perkiraan peningkatan pada 8 Juni hingga 14 Juni atau H-1 untuk mudik dan baliknya 19 hingga 20 Juni 2018,” kata General Manager PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Sumbagut, Joko Pitoyo pada teleconference beberapa waktu yang lalu.

Bahkan di jalur mudik, yakni di Limapuluh Kota diperkirakan lonjakan penggunaan bisa mencapai 54 persen. “Ini tidak merata 54 persen setiap hari, tapi pada hari-hari tertentu saja,” ujarnya didampingi Retail Fuel Marketing Manager Region I, Agus Taufik Harahap, Domestic Gas Manager Region I, C.D. Sasongko, Aviation Manager Region I, Sihol Situmorang dan Unit Manager Communication & CSR MOR I, Rudi Ariffianto.


Meski terjadi lonjakan, PT Pertamina memastikan tidak akan terjadi kelangkaan BBM, karena perusahaan energi ini telah menyiapkan penambahan. “Ketersediaan stok kita untuk premium bisa meng-cover 20 hari, pertalite masih bisa 15 hari, dan pertamax 19 hari. Tapi bicara stok tidak bisa statis, karena di hari yang sama juga ada kapal yang masuk. Yang perlu kita monitor adalah covered day. Jika sudah menyentuh angka di bawah 10 hari, maka harus menjadi perhatikan. Tapi, alhamdulillah di Sumbar masih berada di angka 20 hari,” katanya.

Tidak itu saja, mengantisipasi kepadatan lalu lintas juga telah disiapkan tiga SPBU kantong di tiga SPBU di jalur mudik tersebut dan dua motoris yang akan memobilisasi BBM jenis pertamax kemasan isi 20 liter. “SPBU kantong itu terletak di Padang Luar, yaitu SPBU 14264566, kemudian SPBU 14261580 di Baso, dan SPBU 14262543 di Ngalau Payakumbuh,” urai Sales Executive Retail Wilayah IX Sumbar, Arga Satya.

Sementara dua motoris yang disiapkan ditempatkan di dua SPBU, yaitu SPBU Baso dan Padang Luar yang merupakan titik terpadat arus mudik lebaran. “Jadi kalau ada yang kehabisan BBM bisa langsung memanggil motoris itu,” kata Arga. (yuni//Rp)

Sumber : Harian Singgalang

« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID