BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

3 Poktan binaan Ja'far dapat bantuan Mesin Kultivator

Padang (27/11) Kelompok Tani dari kecamatan Kuranji mendapatkan bantuan mesin Kultivator dari Dinas Pertanian Kota Padang. Tiga Poktan tersebut antara lain Kelompok Tani Harapan Baru, Kelompok Tani Gunuang Mananti, dan Kelompok Tani Karya Bersama. Ketiga Kelompok Tani ini merupakan Poktan binaan Ja'far, pemuda yang akrab dengan dunia sosial di Kota Padang.

Ketua Poktan Harapan Baru dari Kelurahan Kuranji, Syahrial Darmawi menyebutkan proposal bantuan ini sudah dimasukkan 5 bulan yang lewat. Dia bersyukur kali ini kelompoknya kembali mendapatkan bantuan. Mesin Kultivator atau dikenal dengan mesin petak ini menurutnya sangat bermanfaat bagi anggota kelompoknya yang mayoritas petani sayuran.

"Kami ajukan dulu lewat Pak Ja'far, pembina kami, beliau ini sudah banyak upayakan bantuan-bantuan sejak awal kelompok kami berdiri. Kali ini alhamdulillah kembali ada bantuan, kami dapat mesin petak untuk kelompok, semoga kelompok kami makin produktif," ujar pria yang akrab dengan panggilan Buya ini.

Senada dengan Syahrial, Perwakilan Kelompok tani Karya bersama Kelurahan Sungai Sapih, Burhan menyebutkan dengan bantuan Mesin Kultivator ini, proses pemetakan lahan tanam sayur kelompok mereka akan lebih mudah dan rapi. Hal ini, menurutnya, bisa menambah tingkat produktivitas. Burhan juga menyebutkan peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Sungai Sapih dan Pembina Poktan Ja'far sangat berperan dalam perkembangan kelompok.

"Kami petani ini ya kebanyakan pengetahuan hanya bertani, untuk administrasi kami tidak paham. Dengan bantuan PPL serta Pembina Kelompok, kelompok kami bisa dapat bantuan. Kalau Pembina, Pak Ja'far, sudah sering membantu kami mengajukan proposal-proposal untuk bantuan peralatan pertanian. Kami sudah beberapa kali dapat bantuan dari Anggota Dewan PKS lewat Pak ja'far. Beliau ini dekat dengan Aleg PKS dari tingkat Pusat sampai ke daerah," jelas Burhan.

Pembina Kelompok Tani, Ja'far yang turut hadir dalam serah terima mesin Kultivator ini menuturkan mesin terbaru ini diharapkan bisa bermanfaat betul untuk petani sayur binaannya.

"Total dari Anggota 3 kelompok tani yang mendapat bantuan ini ada sekitar 150 orang. Ini berarti dengan 3 mesin bantuan, akan terbantu produktivitas 150 KK petani yang ada di kelurahan kuranji dan kelurahan sungai sapih ini. Tentu saja mesin ini akan sangat bermanfaat karena bisa digunakan dalam waktu yang panjang," tutup Ja'far ketika ditanyai Tim Babarito.

(apuk)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID