BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Masrizal Munaf: Pasca Musibah, Waktu yang Tepat Bermuhasabah


Banyaknya musibah yang menimpa tanah air,ternyata memiliki sisi lain yang mesti menjadi renungan bagi kita. Setidaknya, ada dua hal yang mesti kita perhatikan, sisi vertikal dan sisi horizontal.

Dari sisi vertikal, aspek Rabbani (Ketuhanan), bagaimana kedekatan dan ketaatan kita pada Allah. Lalu dari segi Horizontal aspek Ekosistem yang ada, bagaimana kerusakan demi kerusakan terjadi akibat ulah kita, manusia.

Walaupun begitu, kedua hal ini bermuara pada titik yang sama yaitu ulah dan kesalahan kita, manusia.
Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Surah Ar-Rum ayat 41 yang artinya, "Telah nampak kerusakan didarat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia,supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang mereka)."

Tangan yang merusak tersebut dapat berbentuk dosa yang di lakukan maupun karena merusak alam. Karena hal itu, untuk mengatasi musibah agar tidak terulang kembali kita harus melakukan tindakan paralel.

Secara Vertikal harus banyak beristigfar dan bertaubat dari maksiat.  Secara horizontal mengolah dan mengubah ekosistem secara berimbang, Sehingga tidak merusak Alam.

Semoga dengan rentetan musibah yang terjadi, menjadi bahan renungan bagi kita untuk kembali, kembali kepada ketentuan Allah dan kehendak alam yang seimbang.
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID