BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Pembalap Tour de Singkarak 2018 Bakal Jajal Tradisi Makan Bajamba

Tanah Datar (6/11)- Tour de Singkarak 2018 telah memasuki etape III yang menempuh jarak 150,4 kilometer. Sebanyak 95 pembalap akan mengawali lomba di Dermaga Singkarak dan finis di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (6/11/2018).

Saat tiba di Istano Basa Pagaruyuang, puluhan pembalap akan dijamu makan bajamba. Selain itu, mereka juga bakal memakai sarung saat berada di dalam Istano Basa Pagaruyuang.

Makan bajamba atau disebut juga makan barapak adalah tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau, dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agama Islam dan dalam berbagai upacara adat, pesta adat, dan pertemuan penting lainnya.

"Saat finis pada etape III di Istana Pagaruyung akan ada makan bajamba, karena ini sudah menjadi tradisi di batusangkar dan Sumatra barat," ujar Race Director Tour de Singkarak 2018, Jamaludin Mahmud.

"Jadi pembalap-pembalap Tour de Singkarak 2018 akan dikasih sarung, dan makan makanan Minang. Seluruh pembalap juga sudah menunggu-nunggu momen tersebut," lanjutnya.

(Rizki Hidayat)

Sumber: Bola.com
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID