BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

TPQ: Sarana Pembekalan Generasi Qur'ani

Padang (25/11), Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) menjadi sekolah non formal yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Padang beberapa tahun terakhir. Bagaimana tidak, banyak sekali kegiatan Bagian Kesra Pemko Padang untuk TPQ ini. Dari mulai peningkatan kualitas tenaga pengajar, peningkatan kualitas mutu TPQ, standarisasi Kurikulum, dan bantuan sarana prasarana kerap dilakukan. Untuk memacu semangan murid TPQ diadakan pula lomba tahfizh, lomba tilawah, cerdas cermat dari tingkat kecamatan sampai Kota. Begitupun untuk peningkatan kualitas, diadakan kunjungan rutin, perlombaan TPQ terbaik, akreditasi Guru TPQ dan penambahan Honor Guru.

Hal ini tentu saja bukan tanpa tujuan. Penanaman nilai-nilai keagamaan sejak ini dibutuhkan untuk memperkuat saringan generasi penerus di era globalisasi. Desarnya arus informasi yang tidak bisa dibendung membuat para orang tua harus betul-betul memfilter mana yang baik dan mana yang buruk.

Hal ini senada dengan pendapat Anggota Komisi V DPRD Sumbar yang membidangi pendidikan, Rahmat Saleh. Rahmat Saleh (HRS) sangat fokus dalam masalah pembinaan Generasi Muda dan Keagamaan ini, tak sedikit Programnya diarahkan ke sana. HRS menyebutkan TPQ ini dapat menghadirkan Generasi Qur'ani. Generasi Qur'ani di sini maksudnya Generasi yang dekat dengan nilai-nilai Al-Qur'an.

"Lewat TPQ ini nanti anak-anak ditanamkan nilai Qur'ani sejak dini. Dengan hafalan dan pemahaman yang benar tentang agama, insya Allah mereka memiliki bekal filter yang kuat dalam menyaring mana yang baik dan benar untuk kemaslahatan mereka," ujar Rahmat dalam sebuah acara di TPQ Yayasan Rabbani Jundullah, Rawang, Padang Selatan.

Sejalan dengan yang disampaikan HRS, Mubalighah sekaligus pengelola TPQ, Ustadzah Nani juga menegaskan pentingnya peran TPQ saat ini. Dia menyebutkan dengan perhatian Pemerintah saat ini, TPQ betul-betul memainkan peran penting dalam membentuk Generasi Muda yang Qur'ani.

"Saya senang, Pemko Padang sangat perhatian. Meski masih banyak yang harus kita benahi, tapi perbaikan selalu diberikan. Saya juga berterimakasih atas dukungan Pak Rahmat Saleh ini. Beliau sangat memperhatikan keberlangsungan Pendidikan Karakter untuk generasi muda, dari usia dini," tutup Nani setelah menyerahkan hadiah Lomba Gebyar Maulid Nabi bersama Rahmat Saleh.

(apuk)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID