BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Dari Negara ASEAN, Malaysia paling banyak hari Libur

Siapa yang tidak suka liburan? Bagi banyak orang, liburan terbaik direncanakan di sekitar hari libur nasional.

Seperti dikutip dari laman Mashable, berikut peringkat negara di Asia Tenggara dengan jumlah hari libur nasional terbanyak pada 2019, dimulai dari peringkat paling bungsu.

Vietnam, 11 Hari
Vietnam memiliki jumlah hari libur nasional paling sedikit dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Jumlah liburan umum terpanjang yang akan dinikmati oleh Vietnam untuk 2019 adalah lima hari, yaitu saat Tet Nguyen Dan atau Tahun Baru Vietnam.

Laos, 13 Hari
Fakta menarik dan luar biasa dari hari libur nasional terpanjang Laos, Tahun Baru Laos jatuh pada saat yang sama dengan perayaan lainnya di banyak negara Asia Selatan seperti Sri Lanka, India, Myanmar, Kamboja, dan Thailand.
Festival, yang biasa dikenal Pimai, menggabungkan unsur-unsur seperti air dan bumi dan kadang juga dikenal sebagai Songkran. Warga Laos akan menikmati hari libur nasional terpanjang pada 14-16 April 2019.

Singapura, 14 Hari
Singapura sebagai negara maju dengan kondisi ekonomi yang sedang meningkat memiliki waktu liburan nasional terpanjang pada 2019, yaitu pada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Warga Singapura akan beristirahat dari 5-6 Februari.

Brunei, 19 Hari
Dengan populasi hanya setengah juta, cukup mengejutkan mengetahui Brunei memiliki lebih dari 15 hari libur pada 2019. Libur nasional terlama untuk tetangga Malaysia ini akan jatuh pada 5-8 Juni selama perayaan Hari Raya.

Indonesia, 20 Hari
Negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia ini memiliki lima hari libur nasional dari 3-7 Juni ketika merayakan Lebaran.

Filipina, 21 Hari
Karena Filipina adalah negara mayoritas Kristen (lebih dari 90 persen), banyak hari libur nasional berpusat di sekitar hari-hari suci agama. Filipina adalah satu-satunya negara yang memiliki hari libur umum untuk Kamis Putih. Hari ini dianggap sakral karena jatuh pada Kamis menjelang Paskah.

Myanmar, 25 Hari
Yang menarik tentang Myanmar adalah daya tariknya menuju bulan purnama. Negara mayoritas Budha ini memiliki lima hari yang didedikasikan untuk merayakan bulan purnama, yakni Tabaung, Kasong, Waso, Thadingyut, dan Tazaungmone. Lima hari ini dianggap menguntungkan dan dilindungi untuk mengamati bulan.

Thailand, 26 Hari
Jika kita adil, Thailand secara teknis hanya mendapat 20 hari libur umum, sementara enam perayaan lainnya dirayakan di provinsi-provinsi terpilih. Namun, festival terbesar adalah Songkran dan jatuh pada saat yang sama seperti Laos dan Myanmar dan seperti tetangganya. Perayaan itu melibatkan air.

Kamboja, 31 Hari
Sama seperti tetangganya Thailand, Laos, Myanmar, Vietnam, Kamboja juga merayakan Tahun Baru antara 14 hingga 17 April. Yang menarik, Kamboja adalah satu-satunya negara yang memiliki hari libur umum pada Hari Anak dan Hari Hak Asasi Manusia pada 2019.

Malaysia, 50 Hari
Malaysia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang memiliki jumlah hari libur umum terbanyak. Beberapa bahkan bertanya-tanya apakah itu adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki jumlah hari libur terbanyak. Tetapi secara teknis Malaysia memiliki 20 hari libur nasional karena sebagian memilih melanjutkan hari kerja.
Selain itu, beberapa bagian di negara itu memiliki liburan mereka sendiri yang tidak berlaku di tingkat nasional juga. Tetapi jika ditotal, semua ada 50 hari libur.
Jadi itulah daftar peringkat negara-negara Asia Tenggara menurut jumlah hari libur nasional yang dimiliki. Ayo mulai siapkan Liburan Anda!

sumber: republika.co.id
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID