BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Hermanto: Butuh Regenerasi Petani untuk mencapai Kedaulatan Pangan

Sijunjung (02/13) Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto melakukan kunjungan ke Kabupaten Sijunjung pada minggu pagi. Hermanto mengumpulkan perwakilan Kelompok Tani Sijunjung di Kantor DPD PKS Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Salah satu pembina beberapa Kelompok Tani di Sijunjung, Daus menyebutkan bahwa Hermanto memang dikenal masyarakat sebagai Tokoh Pertanian dari Sumatera Barat. Sebagai Anggota DPR RI, Hermanto dikenal fokus dalam mengembangkan Masyarakat Petani, baik dengan program penyuluhan, maupun bantuan langsung lewat kelompok tani yang ada.

Pada pertemuan itu, Hermanto menjelaskan mayoritas petani yang ada saat ini berusia tua, hanya sedikit Kaum Muda yang tertarik untuk terjun ke Dunia Pertanian. Ini merupakan ancaman bagi Generasi Penerus Bidang Pertanian di negeri ini.

"Bila petani tidak ada regenerasi, jumlah petani produktif kita akan semakin berkurang. Hal ini tentu saja mengancam Kedaulatan Pangan," ujar Hermanto.

Pria asal Kurai Taji, Padang Pariaman ini juga menjelaskan dirinya bersama Anggota Komisi IV DPR RI sedang merancang sistem pertanian agar bisa menarik bagi Generasi Muda. Menurutnya, cara utama menarik perhatian Generasi Muda dengan memutakhirkan teknologi pertanian yang ada.

"Diharapkan ke depan, bertani tidak lagi dilakukan secara konvensional seperti menggunakan cangkul. Kita bertani dengan menggunakan alat dan mesin pertanian yang modern. Dengan demikian, menjadi petani akan bisa tampak lebih gagah. Dan tentunya hal ini kita harapkan bisa menarik minat Generasi Muda untuk menekuni Dunia Pertanian," tutup Hermanto.

Dalam pertemuan silaturahmi itu juga masyarakat menyampaikan keinginannya agar Hermanto bisa mengupayakan Heler Padi bagi mereka.

(bap)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID