BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

HRS: Indonesia wajib aktif perjuangkan Hak Etnis Uighur

Padang (22/12) Konflik berkepanjangan antara Etnis Uighur dan Bangsa China memasuki episode baru. Mata dunia terbelalak ketika salah satu media besar memberitakan adanya upaya penghapusan Etnis di kawasan Xinjiang. Di mana etnis Uighur merupakan masyarakat asli di sana.

Mulai dari aksi nikah paksa, pelarangan simbol agama, sampai Kamp yang lebih mirip dengan penjara tempat penyiksaan. Hal ini tentu saja membuat miris dunia internasional, termasuk para penggerak Hak Asasi Manusia.

Begitupun dengan Masyarakat Muslim dunia, dengan kondisi Etnis Uighur yang mayoritas muslim. Etnis Uighur ditekan serta dikekang hak menjalankan agama mereka. Aksi protes pun mengalir di seantero dunia, termasuk Indonesia, negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Partai Keadilan Sejahtera lewat Fraksi di DPR RI menyuarakan dukungan dan mendesak Pemerintah Republik Indonesia untuk pro aktif menyelesaikan masalah di sana. Hal ini sejalan dengan cita-cita berdirinya Bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan segala Bangsa.

Sekretaris Fraksi PKS Sumatera Barat, H. Rahmat Saleh (HRS) menyambut seruan DPP PKS terkait isu Uighur ini. HRS mengatakan Fraksi PKS Sumbar akan turut mendesak Pemerintah dari Tingkat Daerah sampai Pusat untuk bisa bergerak memperjuangkan Hak Etnis Uighur.

"Kita mesti jalankan amanat pembukaan Konstitusi kita. Kita ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," tegas HRS kepada Tim Babarito.

HRS pun berjanji akan membawa hal ini dalam rapat di internal Partai maupun di Gedung Dewan.

(bap)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID