BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Inspirasi perjuangan membuka jalan Bukik Rumpik Limau Manis

Padang (01/12) Jalan Rumpik Kanagarian Limau Manis, kecamatan Pauh, Kota Padang sebelum tahun 2015 hanyalah tanah yang tertutup semak belukar. Kawasan perbukitan ini tidak dapat dilalui oleh pejalan kaki.

Tokong Masyarakat, Arif dt Rajo Intan menyebutkan awalnya dulu jalan menuju Ladang mereka di Mudik Aia hanya jalan setapak. Namun dengan jalur jalan setapak itu cukup jauh.

"Barulah di akhir 2015 kami anak nagari limau manih bersepakat untuk membuat jalan baru. Kami bangun awalnya untuk menembus jalan saja, dengan dana 200 juta. Dana ini kami peroleh melalui aspirasi lewat Pak rahmat Saleh wakil kami di DPRD Sumbar. Setelah jalan tembus, kami bersyukur bisa lebih mudah menuju ke ladang," ujar Arif.

Anggota DPRD Sumbar Dapil Kota Padang, Rahmat Saleh membenarkan apa yang disampaikan Arif dt Rajo Intan. Menurut Rahmat, awalnya bersepakat dengan warga untuk menembus jalur membersihkan jalan menuju ladang mereka di Mudiak Aia. Jalan layak dilalui pejalan kaki di tahun 2016.

"Namun jalan baru ini masih menyimpan masalah, bila hari hujan, jalan akan berlumpur. Kalau sudah berlumpur, masyarakat sulit juga melewati jalur ini," ujar Rahmat.

Namun hasil tak pernah mengkhianati usaha, tahun 2017 ada Proyek Pemerintah untuk membangun check dump penangkal Galodo di wilayah Limau Manis. PT. PP dan Balai Sungai pun melakukan survey lokasi di kawasan Limau Manis.

"Melihat sudah adanya jalan rintisan yang kita buat, PT. PP dan Balai Sungai menyepakati jalur tersebut untuk menjali jalan utama menuju Lokasi Proyek. Ini berkah yang luar biasa menurut saya, hasil dari Usaha, Do'a, dan berserah diri kepada Allah dari masyarakat Limau Manis," cerita Mantan Gharin Masjid di Limau Manis ini.

Kini jalan Bukik Rumpik sampik menuju Mudik aia tidak lagi "sampik", jalan igtu sudah menjadi jalan kelas 1, dengan beton tebal dan lebar mengelilingi Bukik. Lokasi di perbukitan membuat jalur ini bukan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat petani Limau Manih, tapi juga masyarakat yang ingin berolahraga sepeda maupun jogging. Jalan dengan multi manfaat ini menjadi saksi kesungguhan dan gotong royong masyarakat Limau Manis.

(bap)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID