BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Targetkan pembangunan tanpa Utang, ini kata Sandi

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut pembangunan infrastruktur tanpa utang sangat memungkinkan. Sandi menjelaskan, cara membangun infrastruktur tanpa utang dengan mengandalkan sektor kemitraan dengan swasta atau lewat penganggaran dengan jangka waktu panjang.

"Saya pernah turut (investasi) membangun infrastruktur jalan tol Cipali 116 Km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN," kata Sandi.

Persoalan utang juga pernah dilontarkan oleh Capres Prabowo Subianto. Di mana, Prabowo mengkritik keras kebijakan ekonomi terutama soal utang pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

"Saudara-saudara, utang pemerintah kita naik terus, naik terus. Sekarang hitungannya naiknya Rp1 triliun tiap hari," kata Prabowo.

Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu sepakat dengan cawapres Sandiaga Uno bahwa negara mampu membangun infrastruktur tanpa utang. Caranya, negara wajib melibatkan pihak swasta.

Said menuturkan, infrastruktur terdiri dari tiga jenis yakni infrastruktur dasar, ekonomi dan komersial. Lewat infrastruktur komersial, kata Said, negara bisa memberikan hak konsesi kepada swasta untuk melakukan pembangunan. Infrastruktur komersial terdiri dari pembangunan bandara, pelabuhan, jalan tol, pembangkit listrik hingga SPBU.

"Itu tanpa utang bisa. Karena itu adalah pilihan bahwa ini diserahkan ke swasta dengan konsesi. Enggak usah BUMN dan pemerintah. Maka pemerintah enggak punya utang kan," ucapnya.

sumber: Merdeka.com
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID