BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Memelihara Hewan di Rumah Ternyata Berdampak Bagi Kesehatan Mental

Jika kamu memiliki satu atau lebih hewan peliharaan di rumah, bersyukurlah! Menurut sebuah studi, memelihara hewan membawa dampak baik bagi kesehatan mental. Penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of Psychiatric.

Para peneliti mengatakan sensasi rileks bisa dirasakan bagi mereka yang menderita depresi berat. Sebanyak 80 responden dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan periset dari Portugis tersebut. Total 33 peserta yang setuju untuk melakukan riset ini, dengan rincian 20 orang memelihara anjing dan tujuh orang memelihara kucing.

Riset ini dilakukan selama 12 minggu. Peneliti juga memeriksa gejala depresi yang dialami setiap peserta. Pemeriksaan dilakukan pada minggu keempat dan kedelapan dalam masa penelitian. Hasilnya menunjukkan sepertiga peserta mengalami penurunan tingkat depresi.

Jorge Mota Pereira dan Daniela Fonte, dua peneliti tersebut mengatakan memelihara hewan secara signifikan bisa menigkatkan efek obat antidepresan. Dua peneliti tersebut menjelaskan tingkat depresi diukur dengan menggunakan Skala Penilaian Depresi Hamilton dan Global Assessment of Functioning.

Para peneliti menyimpulkan bahwa depresi atau kesehatan mental lain seperti stres juga bisa diminimalkan dengan memelihara hewan di rumah. Hewan dapat menjadi obat perawatan depresi secara konvensional. Tidak hanya itu, para peneliti menambahkan jika hubungan persahabatan manusia dengan hewan juga bisa lebih erat. (*)

sumber: HiMedik
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID