BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Satu Hektar Pulau Mandeh Terbakar Hebat

Pengrusakan hutan di kawasan wisata Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali menjadi sorotan, setelah sebuah pulau di kawasan tersebut rusak dibakar. Kondisi ini sudah diketahui Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. Dia mengaku geram dan akan segera menyusut peristiwa tersebut.

"Saya sudah dapat informasi. Nanti kami akan turun ke lapangan bersama tim, kita cari pelakunya sampai ketemu," sebut Bupati Hendrajoni

Pulau yang kembali terbakar di Mandeh ini bernama Pulau Taraju yang terdapat dalam wilayah Sungai Nyalo, Kecamatan Koto XI Tarusan. Diduga, pembakaran itu disengaja guna membangun resort. Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, Marjam, mengakui pembakaran pulau tersebut diketahui lebih kurang seminggu yang lalu.

Ia menjelaskan, kebakaran yang terjadi di Pulau Taraju diperkirakan mencapai lebih kurang 1 hektar dan di lokasi sudah terdapat satu pondok milik pihak yang diduga telah melakukan pembakaran. "Kini sudah tampak gundul pasca pembakaran. Luas yang dibakar lebih kurang 1 hektar," jelas Marjam.

Marjam menuturkan, pihaknya sudah melaporkan kondisi pulau tersebut ke Pemkab Pessel serta jajaran kepolisian setempat. Diduga kebakaran tersebut disengaja, karena dari kebakaran tidak ada tanda-tanda upaya pemadaman saat itu. "Kami sudah laporkan kepada Camat dan ditembuskan kepada Bupati, Kapolres dan DPRD. Siapapun pelakunya harus ditindak," harapnya.

Ia menambahkan, masyarakat bersama pemerintah nagari sudah lama berkomitmen untuk selalu menjaga dan merawat kelestarian alam kawasan wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. Sebelumnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Mandeh sudah pernah terjadi, tepatnya di kawasan Bukit Ame di Kecamatan Koto XI pada Sabtu 10 September 2016 lalu.

(Klik Positif)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID